MUQODDIMAH SAMBUTAN SII



 MOTTO ◈•

عَلَيْكُمْ بِسُنَّتِىْ وَسُنَّةِ الْخُلَفَآءِ الرَّاشِدِيْنَ الْمُهْدِيِّيْنَ

   "Wajib atas kamu mengikuti sunah-Ku (yakni: Ucapan dan Perbuatan Nabi Muhammad Saw), dan Wajib atas kamu mengikuti sunnah Khulafaur-Rasyidin (yakni: Shahabat Abu Bakar, Umar, Utsman dan Ali, ra), serta yang diberi petunjuk Allah".

عَلَيْكُمْ بِمُجَالَسَةِ الْعُلَمَآءِ وَاسْتِمَاعِ كَلَامِ الْحُكَمَآءِ

  "Hendakalah kamu senang bergaul (senang duduk-duduk) dengan para ulama dan senang mendengarkan nasihat para Hukama (ahli hukum fiqih)".

خُذِ الْحِكْمَةَ وَلَوْمِنْ فَهْمِ الْبَهَآئِمِ

  "Ambilah hikmah (yakni ilmu) sekalipun keluar dari mulut binatang".

خُذْ مَاصَفَى وَدَعْ مَاكَدَرَ

  "Ambilah sesuatu yang sekiranya baik dan tinggalkanlah sesuatu yang sekiranya buruk".

فإن إيمان المقلد ـ وإن كان صحيحا عندنا ـ لكن يكون آثما بترك الإستدلال

  "Maka sesungguhnya orang yang imannya hanya sekedar taklid, (yakni cuman sekedar katanya-katanya) sekalipun menurut pendapat kita sudah syah, (yakni sah-sah saja), tetapi ia tetap berdosa karena meninggalkan pencarian dalil-dalil, (yakni tidak mau berupaya untuk pencarian dalil-dalil) dalam masalah (yang berkaitan)".

ويختار العتيق دون المحدثات

  "Hendaknya pula memilih ilmu-ilmu yang kuna, (yakni ilmu yang terdapat pada kitab-kitab ulama salaf atau klasik), bukan memilih ilmu-ilmu yang baru lahir".

قالوا: عليكم بالعتيق وإياكم بالمحدثات

  'Banyak ulama berkata: "Tekunilah ilmu kuna (yakni ilmu yang terdapat pada kitab-kitab ulama salaf atau klasik), bukan memilih ilmu-ilmu yang baru saja ada."

وإياك أن تشتغل بهذا الجدال الذى ظهر بعد انقراض الأكابر من العلماء، فإنه يبعد عن الفقه ويضيع العمر ويورث الوحشة والعداوة

  "Awas, jangan sampai terkena pengaruh perbantahan yang tumbuh subur setelah habisnya ualama besar salaf atau klasik, sebab nantinya akan berefek menjurus untuk menjauhkan pelajar dari mengenali fiqh, hanya menghabiskan usia dengan tanpa guna, menumbuhkan sikap anti-pati atau buas dan gemar bermusuhan".

وهو من أشراط الساعة وارتفاع العلم والفقه،كذا ورد فى الحديث

  "Dan itulah termasuk tanda-tanda kiamat akan tiba serta lenyapnya fiqih dan pengetahuan-pengetahuan lain, demikianlah menurut hadits".



Share :

0 Response to "MUQODDIMAH SAMBUTAN SII"

Posting Komentar